Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019

Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019 - Hallo sahabat Anime Mingguan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info GTK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019
link : Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019

Baca juga


Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019


Salam semangat buat Guru baik status Kepegawaiannya PNS, Non PNS ataupun Guru Tetap Yayasan (GTY). Mulai hari ini Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik PPG Daljab Tahun 2019 sudah dibuka hingga 23 Oktober 2019. Barangkali, sebagian rekan Guru telah berhasil mengakses Akun SIMPKB dan mendapatkan Info Detail berhak untuk melakukan Registrasi Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019, hingga berhasil unggah dokumen scan ijazah asli S-1/D-IV dan SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap dan cetak lembaran bukti pendaftaran. 


Sebelumnya admin mengucapkan Selamat buat rekan Guru yang telah berhasil melewati tahap awal tersebut, semoga dipermudahkan hingga tahap akhir. Namun, dalam beberapa waktu lalu admin mendapatkan informasi dari beberapa Guru ada yang tidak bisa mengakses SIMPKB dikarenakan tidak memiliki Akun Login SIMPKB, dan ada juga yang mengalami kendala pada Info Detail TMT silang merah (tidak memenuhi persyaratan), kemudian Status Kepegawaian Honorer Sekolah silang merah serta Info GTK silang merah. Bagi rekan-rekan guru yang belum berhasil melakukan Pendaftaran PPG Daljab Tahun 2019 jangan putus asa, in sya Allah masih banyak waktu dan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. 


Oleh karena itu, di postingan ini kita akan mengupas tentang Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPG Daljab Guru Tahun 2019 di Laman SIMPKB

Silahkan simak informasi berikut ini sampai tuntas. 

Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019


Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor: 8963/BBII/PR/2019 tentang Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan, berikut ini Tata Cara Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan 2019 :


1. Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan dilakukan melalui laman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/

atau rekan sekalian bisa mengetikkan di search engine kata kunci "SIMPKB". Selanjutnya, silahkan klik pada pilihan Login gtk.belajar.kemdikbud.go.id seperti gambar dibawah ini. 


 Selanjutnya, masuk di halaman Login SIMPKB.

Gambar. halaman Login SIMPKB

Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah dijabarkan diatas, adapun salah satu permasalahannya adalah rekan Guru tidak bisa melakukan Login di Akun SIMPKB dikarenakan :
- Tidak memiliki Akun SIMPKB ;
- Lupa login Akun SIMPKB.

Bagi rekan Guru yang belum memiliki Akun SIMPKB dan lupa Login Akun SIMPKB berikut ini solusinya :

Solusi Belum Memiliki Akun SIMPKB dan Lupa Login SIMPKB 

- Masuk di halaman login SIMPKB, silahkan klik pada "Registrasi Akun" > selanjutnya masuk di halaman Registrasi Akun seperti gambar dibawah ini silahkan klik pada "Cari No. UKG>>"

Gambar. Halaman Registrasi Akun
- Selanjutnya, masuk di halaman Pencarian Data GTK Guru Pembelajar seperti gambar dibawah ini.

Gambar. halaman Pencarian Data GTK Guru Pembelajar
Silahkan isikan Nama GTK, Pilih Provinsi dan Kota, untuk gambarannya seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya, klik pada tombol Cari GTK


 Pencarian Data GTK Guru Pembelajar berhasil dilakukan, silahkan klik pda No. Peserta UKG Guru tersebut.

 - Selanjutnya, dialihkan ke halaman Registrasi Akun. Silahkan isikan tanggal lahir anda dan silahkan centang pada Captcha.



 Hasilnya seperti gambar dibawah ini, dan silahkan klik pada tombol Register.



 - Selanjutnya masuk dihalaman Persetujuan, silahkan klik tombol Setuju.


 - Ternyata muncul halaman Peringatan, Akun Guru terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya sehingga tidak bisa dicetak ulang melalui situs ini. Dan lain halnya, bagi guru yang akunnya belum di aktifkan akan muncul halaman untuk Cetak Akun SIMPKB. 

Terus, bagaimana admin kalau muncul halaman Peringatan seperti gambar dibawah ini, ternyata akun saya sudah aktif tapi saya tidak tahu Akun loginnya?



Solusi untuk permasalahan tersebut adalah, rekan Guru silahkan menghubungi Ketua Komunitas untuk melakukan Reset Password
Sekedar informasi untuk Username yang digunakan pada saat melakukan login di SIMPKB adalah No. Peserta UKG, misalnya : 201567891012 dan silahkan tambahkan @guruku.id dibelakang angka tersebut, contoh hasilnya seperti berikut ini: 201567891012@guruku.id. Sedangkan untuk Password nya, silahkan Ketua Komunitas untuk melakukan Reset Password.  

Berikut ini, Cara Reset Passoword Akun SIMPKB oleh Ketua Komunitas :

- Silahkan Ketua Komunitas login di akun SIMPKB. Setelah berhasil login silahkan klik pada Menu Komunitasku atau pada fitur Komunitasku untuk melakukan Reset Password akun SIMPKB Guru.

Gambar. Silahkan klik pada Menu Komunitasku
Fitur Anggota Komunitasku.



 - Masuk di halaman Anggota Komunitas, silahkan Ketua Komunitas memilih data Guru yang akan dilakukan Reset Password
Untuk reset password, silahkan klik pada icon titik tiga disamping Status Aktivasi pada data Guru.

Gambar. Halamaan Pencarian Anggota Komunitas
- Muncul pilihan seperti dilingkar pada gambar dibawah ini, silahkan klik pada Reset Password
- Selanjutnya, masuk di halaman Reset Password Akun Pengguna berikut ini? silahkan klik pada tombol Lanjut

 - Selanjutnya, masuk di halaman Reset Password Akun, silahkan klik YA.

 - Selanjutnya, dialihkan ke halaman untuk Cetak Akun SIMPKB Guru tersebut, bagi rekan yang ingin langsung cetak silahkan pilih Print nya atau bagi rekan yang ingin file dalam bentuk .pdf, silahkan ikuti langkah berikut ini. 
Silahkan pilih Microsoft Print to PDF


- Silahkan pilih tempat penyimpanan file tersebut. Lalu klik Save.






 - File akun SIMPKB dalam format .pdf telah berhasil didownload dan di simpan, selanjtunya silahkan buka file tersebut.


-Inilah halaman Daftar Akun SIMPKB Guru, silahkan gunakan Username dan Password untuk login di SIMPKB.

contoh surat pemberitahuan akses layanan simpkb

Alhamdulillah, rekan guru telah berhasil memiliki Akun SIMPKB. Tahap selanjtunya, silahkan kembali akses halaman SIMPKB untuk melakukan Pendaftaran Calon Peserta PPG Daljab tahun 2019. 


2. Silahkan login di SIMPKB menggunakan Akun sesuai dengan login di Surat Pemberitahuan Akses Layanan.


 3. Setelah berhasil login, masuk di halaman seperti gambar dibawah ini. Bagi rekan sekalian yang belum melakukan Verval Data Mapel PKP, silahkan lakukan Verval Mapel terlebih dahulu. Caranya, silahkan klik pada Icon Pensil.


Masuk di halaman Pilih Mata Pelajaran, silahkan pilih "Tematik". Kemudian klik tombol Pilih. 


Hasilnya, seperti gambar dibawah ini. Kemudian, klik Simpan. 

 Selanjutnya, masuk di halaman Profil Ku.



 Silahkan klik pada Menu Beranda, maka kita akan masuk di halaman seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik pada Lihat Info pada bagian Program PPG Dalam Jabatan.


Maka kita akan di alihkan ke halaman Data Calon Peserta terhadap Prasyarat Seleksi. Sayangnya, salah satu rekan guru belum bisa melakukan Pendaftaran dikarenakan TMT Mengajar Belum memenuhi syarat, padahal di Dapodik TMT Mengajar tahun 2007. 




 Terus, bagaimana solusinya admin apabila Prasyarat Seleksi Akademik terkendala pada TMT Mengajar yang tidak memenuhi prasyarat?

Untuk permasalah TMT yang silang merah, setelah admin tanyakan langsung dari salah satu pihak LPMP beliau menjawab " Diinstruksikan  untuk Dapodik disingkronkan kembali". Jadi, silahkan rekan guru arahkan Operator Dapodik untuk melakukan sinkron dapodik kembali. 


4. Selanjtunya, bagi rekan guru yang telah memenuhi prasyarat, selanjutnya dapat mengunggah (upload) scan Ijazah asli S-1/D-IV dan SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap ; 

5. Kemudian, silahkan pilih nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan Ijazah S-1/D-IV yang dimiliki ;

6. Silahkan rekan sekalian sesuaikan Bidang Studi PPG yang linier dengan Program Studi pada Ijazah S-1/D-IV yang dimiliki ;

7. Rekan guru harus aktif memeriksa status hasil verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi sesuai dengan jadwal terlampir melalui Akun SIMPKB masing-masing ;

8. Bagi rekan sekalian yang lolos verifiikasi dan validasi yang berstatus "diterima" dinyatakan sebagai peserta seleksi kemampuan akadmeik tahun 2019 ;

9. Silahkan rekan guru mencetak kartu peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 ;

10. Untuk waktu dan tempat pelaksanaan seleksi sesuai yang tercantum pada kartu peserta. 


Demikianlah informasi Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019. Semoga informasi diatas dapat membantu rekan guru semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Demikianlah Artikel Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019

Sekianlah artikel Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019 dengan alamat link http://animemingguan.blogspot.com/2019/09/panduan-lengkap-pendaftaran-seleksi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Daljab Tahun 2019"

Posting Komentar